21 August 2018

NEWS: TCASH Hadirkan Inovasi Layanan Remitansi Wallet-to-Wallet

Memudahkan pengiriman dana Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dalam menyambut perayaan hari raya Idul Adha, TCASH kembali memperkenalkan inovasi perluasan layanan remitansi bagi TKI di Singapura dalam mengirimkan dana kepada keluarga di Indonesia, melalui layanan wallet-to-wallet bekerjasama dengan Singtel, perusahaan telekomunikasi terbesar di Singapura. TCASH merupakan uang elektronik non-bank pertama yang memperkenalkan layanan wallet-to-wallet ini, yang telah menjangkau ribuan TKI di Singapura setiap bulannya.

 

Untuk memberikan tambahan keuntungan bagi TKI, saat ini, TCASH pun memberikan gratis biaya pengiriman dana bagi TKI di Singapura yang menggunakan layanan remitansi wallet-to-wallet ini hingga Desember 2018, tanpa adanya batas minimum dana yang dikirimkan.

 

Danu Wicaksana, CEO TCASH mengatakan, “Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan anggota keluarganya di Indonesia merupakan salah satu segmentasi pelanggan utama yang disasar oleh TCASH dalam merealisasikan komitmen mendorong lebih banyak masyarakat mikro untuk memiliki akses ke layanan keuangan. Hadirnya layanan remitansi wallet-to-wallet ini diharapkan dapat membantu mereka untuk mengirimkan dana secara real-time, kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun, khususnya karena saat ini TCASH telah dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia lintas operator telekomunikasi.”

 

Data dari The Global Findex Database[1] menunjukkan jika di tahun 2017, terdapat lebih dari 100 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki akun bank. Lebih lanjut lagi, World Bank mencatat jika keterbatasan akses ke layanan perbankan ini serta rendahnya wawasan masyarakat untuk pengaturan finansial sehari-hari[2] menjadi tantangan proses remitansi di Indonesia. Karenanya, langkah TCASH menghadirkan layanan remitansi wallet-to-wallet ini menjadi solusi tepat untuk memudahkan proses pengiriman dana TKI, yang sekaligus membantu memberdayakan kehidupan keluarga TKI di Indonesia.

 

Untuk menggunakan layanan remitansi wallet-to-wallet ini, TKI di Singapura dapat mengunduh aplikasi Singtel Dash, yang memiliki fitur layanan kirim uang terintegrasi, yaitu m-Remit; serta aplikasi TCASH Wallet (full service) bagi keluarga TKI di Indonesia sebagai penerima dana. Setelah unduhan, TKI cukup mengirimkan dana sesuai dengan preferensi, yang ditujukan ke nomor akun TCASH milik keluarga di Indonesia. Setelah proses pengiriman, dana akan langsung diterima oleh akun TCASH tujuan dan dapat dicairkan di toko retail Indomaret, Alfamart, Konter Pembayaran Resmi Bang TCASH, serta GraPari.

 

Saat ini, TKI di Singapura telah dapat memanfaatkan layanan remitansi wallet-to-wallet ini untuk mengirimkan dana hingga Rp10 Juta atau SGD 999 dalam satu kali pengiriman, atau mengirimkan dana maksimal hingga Rp20 Juta setiap bulannya ke akun TCASH Wallet di 

Indonesia. Selain lebih praktis dan terjangkau, layanan remitansi TCASH ini juga telah mendapatkan izin resmi penggunaannya dari Bank Indonesia, sehingga TKI tidak perlu khawatir akan keamanan pengiriman dana ke keluarga mereka.

 

Sebelumnya, TCASH pun telah sukses memperkenalkan layanan remitansi bersama Singtel dan PT Pos Indonesia untuk TKI di Singapura. Melalui layanan ini, keluarga TKI di Indonesia dapat mencairkan dana yang dikirimkan melalui fitur Wesel Pos Instan, di ribuan kantor cabang PT Pos Indonesia yang melayani pencairan tunai. Sejak perkenalannya tahun lalu, layanan ini sukses melayani total nilai transaksi hingga puluhan miliar rupiah, dengan daerah tujuan pengiriman dana remitansi ke berbagai kota dan desa migran di pelosok negeri, seperti Cilacap dan Indramayu.  

 

“Ke depannya, kami berharap dapat terus memperluas cakupan wilayah layanan remitansi kami guna memudahkan TKI di negara-negara lainnya, termasuk Malaysia dan Hong Kong. Dengan layanan ini, kami optimis dapat terus mendukung usaha pemerintah dalam mencapai keuangan yang inklusif untuk seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Danu.

 
Share this news to: