20 February 2019

Produk Intro LinkAja

Deskripsi singkat LinkAja:

Demi menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik dan lengkap bagi masyarakat Indonesia, mulai tanggal 22 Februari 2019, layanan keuangan elektronik milik Telkomsel yaitu TCASH akan berubah menjadi LinkAja.


LinkAja adalah sebuah layanan keuangan elektronik yang merupakan sinergi layanan keuangan elektronik dari berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


LinkAja menghadirkan layanan keuangan elektronik yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan beragam fitur pembayaran seperti pembayaran tagihan (antara lain listrik, air, asuransi, internet dan lain-lain), transaksi di merchant baik lokal maupun nasional, pembayaran moda transportasi, pembelian online hingga layanan keuangan lainnya seperti transfer saldo antar Pelanggan.

 

FAQ

1. Apa itu LinkAja

LinkAja adalah layanan atau produk uang elektronik sinergi layanan keuangan elektronik milik
PT Telekomunikasi Selular (“Telkomsel”) dengan merek TCASH, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., dengan merek E-Cash, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. dengan merek UnikQu, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dengan merek T-Bank menjadi satu produk uang elektronik milik dan dioperasikan oleh PT. Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang bernama LinkAja.

 

2. Mengapa TCASH berubah menjadi LinkAja

Demi menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik dan lengkap bagi masyarakat Indonesia, TCASH bersama dengan berbagai layanan keuangan elektronik milik BUMN lainnya berubah menjadi LinkAja.

 

3. Bagaimana mekanisme perubahan TCASH ke LinkAja

Pelanggan TCASH dapat menjadi Pelanggan LinkAja dengan cara sebagai berikut:

  1. Melakukan pembaharuan aplikasi di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS); atau
  2. Membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan terkait perpindahan layanan dari TCASH ke LinkAja (https://www.linkaja.id/syarat-ketentuan) dengan cara memberikan persetujuan (customer consent) dan masuk atau log in ke dalam aplikasi LinkAja menggunakan nomor handphone; atau
  3. Menggunakan layanan atau fasilitas yang terdapat pada LinkAja dengan melakukan transaksi pertama kali pada tanggal perpindahan layanan dengan menggunakan TAP (NFC Stiker), USSD, layanan pembayaran online melalui aplikasi merchant, serta layanan pembayaran langsung di aplikasi merchant transportasi; atau


Selama masa perpindahan layanan, demi kenyamanan Pelanggan dan komitmen kami terhadap pemenuhan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kami mungkin akan memintakan persetujuan Pelanggan kembali apabila Pelanggan melakukan transaksi melalui saluran transaksi berbeda yang tersedia pada LinkAja baik melalui aplikasi, TAP (NFC Stiker), USSD, layanan pembayaran online melalui aplikasi merchant, atau layanan pembayaran langsung di aplikasi merchant transportasi. Data atas persetujuan Pelanggan melalui transaksi menggunakan LinkAja tersebut akan kami simpan dan akan kami perlakukan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

 

4. Apa perbedaan antara TCASH dan LinkAja?

Semua layanan dan fitur yang tersedia pada layanan TCASH, akan dapat diakses dan dinikmati pada layanan LinkAja. Terlebih lagi, kedepannya akan terdapat beberapa fitur baru pada layanan LinkAja yang dikembangkan dari waktu ke waktu.

 

5. Adakah benefit lebih bagi Pelanggan yang bisa didapat dari LinkAja?

LinkAja akan menyediakan banyak promosi dan rewards menarik bagi Pelanggan. Promosi dan rewards ini akan dapat dinikmati oleh Pelanggan baru LinkAja dan juga Pelanggan TCASH yang bersedia mengkonversi akun TCASH-nya ke akun LinkAja.

 

6. Apakah Pelanggan TCASH perlu melakukan registrasi ulang untuk dapat menggunakan layanan LinkAja?

Tidak perlu. Pelanggan hanya perlu melakukan update aplikasi TCASH menjadi aplikasi LinkAja di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS) atau memberikan persetujuan melalui channel USSD TCASH (*800#). Akun TCASH Pelanggan akan secara otomatis dikonversi menjadi akun LinkAja bersamaan dengan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja yang tersedia atau pemberian persetujuan oleh Pelanggan melalui channel USSD TCASH (*800#). Apabila nomor anda terdaftar sebagai pembayaran langsung di aplikasi mitra atau Transaksi TAP menggunakan NFC Sticker, maka Transaksi pertama Anda akan menjadi persetujuan pengguna dan secara otomatis Anda akan berpindah dari TCASH ke LinkAja.

 

7. Apa yang terjadi dengan saldo di TCASH Pelanggan  setelah update ke LinkAja?

Saldo Pelanggan TCASH yang telah melakukan update ke LinkAja akan dikonversi secara otomatis menjadi saldo di akun LinkAja dengan nilai yang sama.

 

8. Apakah ada perubahan cara transaksi menggunakan layanan LinkAja?

Tidak ada. Semua fitur transaksi yang tersedia pada layanan TCASH, diantaranya pembayaran menggunakan TCASH TAP, QR code (SNAP QR) maupun USSD TCASH *800# untuk melakukan pembayaran; pembelian online melalui menu dalam layanan TCASH; transfer saldo antar akun dan ke bank lain melalui jaringan ATM bersama, akan tetap tersedia pada layanan LinkAja.

 

9. Apakah transaksi menggunakan sticker TCASH TAP dan fungsi NFC di aplikasi tetap berjalan?

Ya, transaksi menggunakan sticker TCASH TAP dan fungsi NFC di merchant yang bekerjasama dengan TCASH akan tetap berjalan. Dengan menggunakan saluran transaksi NFC atau Sticker ini, Pelanggan menyatakan setuju untuk melakukan perpindahan dari TCASH ke LinkAja

 

10. Kapan Pelanggan bisa mulai melakukan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja?

Pelanggan dapat melakukan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja mulai tanggal 22 Februari 2019 melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

 

11. Apakah layanan TCASH akan tetap bisa diakses setelah LinkAja diluncurkan?

Layanan TCASH tidak dapat diakses lagi setelah layanan LinkAja diluncurkan pada tanggal 22 Februari 2019.

 

12. Apabila Pelanggan tidak melakukan update aplikasi ke LinkAja, apakah Pelanggan tetap bisa melakukan transaksi?

Pelanggan dapat melakukan transaksi langsung dengan menggunakan saluran transaksi TAP (NFC Stiker), USSD, layanan pembayaran online melalui aplikasi merchant, serta layanan pembayaran langsung di aplikasi merchant transportasi. Dengan melanjutkan transaksi tersebut maka Pelanggan menyatakan diri setuju untuk melakukan perpindahan dari TCASH ke LinkAja.

 

13. Apabila Pelanggan tidak bersedia melakukan update TCASH-nya dan menjadi Pelanggan LinkAja, apa yang dapat Pelanggan lakukan?

Jika Pelanggan tidak bersedia menjadi Pelanggan LinkAja, maka Pelanggan dapat menutup akunnya di GraPARI Telkomsel terdekat. Jika terdapat sisa saldo TCASH, maka Pelanggan dapat melakukan penarikan saldo di Grapari Telkomsel terdekat dengan membawa kartu identitas resmi berfoto serta Handphone yang berisi nomor akun TCASH yang aktf dan dapat menerima notifikasi.

 

14. Apabila Pelanggan membutuhkan informasi lebih lanjut terkait LinkAja, apa yang dapat Pelanggan lakukan?

Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan LinkAja, maka Pelanggan dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan secara tertulis dengan melampirkan fotokopi identitas Pelanggan atau data diri Pelanggan melalui:

  1. Titik pelayanan LinkAja terdekat;
  2. Secara tertulis melalui saluran media sosial yakni instagram (@LinkAja), facebook (LinkAja Indonesia), twitter (@LinkAja), email (info@linkaja.id); dan/atau
  3. secara lisan melalui call centre (melalui telepon selular bagi Pelanggan Telkomsel: 188; atau sambungan Nasional: 08071811811).